LSPP Merupakan suatu lembaga yang dipercaya serta yang memenuhi kualifikasi untuk melaksanakan uji kompetensi

Selamat Datang di Website LSPP

LSPP, Plaza Bapindo, Mandiri Tower lantai 9, Jl. Jend. Sudirman Kav 54-55, Jakarta 12190


Tentang Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP)

Sertifikasi kompetensi kerja di Indonesia diatur Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Ini merupakan lembaga independen yang dibentuk berdasarkan PP No. 23 Tahun 2004 untuk mengatur sertifikasi kompetensi kerja di Indonesia. PP tersebut merupakan pelaksanaan dari UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam hal ini sebagai regulator, BNSP memberikan lisensi kepada lembaga sertifikasi profesi (LSP) yang memenuhi persyaratan dan mengatur tatacara uji kompetensi.

Sertifikasi kompetensi kerja industri perbankan di Indonesia dikembangkan dan dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSP Perbankan) yang telah memperoleh lisensi dari BNSP melalui SK No. KEP 16/BNSP/VI2008 tanggal 19 Juni 2008.

Lisensi tersebut diberikan karena LSP Perbankan telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan BNSP. Antara lain, didirikan dan didukung oleh asosiasi profesi dan asosiasi industri yaitu IBI dan asosiasi industri, yaitu Perbanas, Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara), Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda), Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo), dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo).

Artinya, kehadiran LSP Perbankan merupakan keinginan sekaligus hasil dukungan para pelaku bisnis perbankan di Tanah Air. Di samping itu, kehadiran LSP Perbankan merupakan upaya mendukung pilar keempat Arsitektur Perbankan Indonesia (API), yaitu menciptakan industri perbankan yang kuat dan memiliki daya saing yang tinggi serta memiliki ketahanan dalam menghadapi risiko. Untuk ke arah tersebut, diperlukan antara lain, standar baku kompetensi kerja agar tercipta kesetaraan dan peningkatan profesionalitas bankir.

1.

Visi



Menjadi mitra strategis industri perbankan dalam mendukung terciptanya Bankir profesional bertaraf internasional di Indonesia.
   
2. Misi
 
a.

Memastikan penyusunan standard kompetensi kerja bidang perbankan yang terkini dan setara secara internasional.
 
b.

Menetapkan sistem dan metode sertifikasi sesuai kebutuhan industri perbankan.
 
c.

Melaksanakn sertifikasi bankir yang independen dan bermutu.

 


Regulator

Asosiasi industri

Asosiasi Profesi

Part of IBI

Copyright © 2010, Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan
Develop by Mandiri Multi Kreasi